Jumat, 11 Maret 2011

tipe OHC

Tipe Over Head Camshaft (OHC)
Poros nok dimana letaknya berada pada kepala silinder. Ada dua
jenis tipe poros nok yang letaknya berada pada kepala silinder yaitu Single
Over Head Camsafht [SOHC] /satu poros nok dan Double Over Head
Camsafht [DOHC] / dua poros nok. Pada model ini diperlukan perangkat yang
lebih sederhana dari pada model OHV dimana poros nok langsung ke rocker
arm lalu ke katup atau bahkan ada yang langsung dari poros nok lalu
menggerakan katup tanpa pelatuk (memakai adjusting shim). Pada model ini
tidak banyak memerlukan alat bantu sehingga cocok untuk putaran poros nok
14
lebih tinggi serta menjamin ketepatan pembukaan dan penutupan katup. Untuk
tipe OHC penghubung antara crankshaft dengan camshaft bisa menggunakan
model timing chain maupun timing belt. Tipe DOHC modelnya kebanyakan
menggunakan timing belt.
Gambar 5. Tipe OHC
(Sumber : Suzuki Manual Training 2003)
H. Metode Menggerakan Katup
Sumbu nok digerakan oleh poros engkol dengan beberapa model
antara lain : timing gear, timing chain dan timing belt. Sebagian besar mesin
bensin TOYOTA menggunakan camshaft yang digerakan oleh belt dan ada
beberapa camshaft yang digerakan oleh rantai.
1. Model Timing Gear
Metode ini digunakan pada mekanisme katup jenis mesin OHV
(Over Head Valve), yang letak sumbu noknya di dalam blok silinder. Timing
gear biasanya menimbulkan bunyi yang besar dibanding dengan rantai (timing
chain), sehingga mesin bensin model penggerak katup ini menjadi kurang
15
populer pada mesin bensin jaman modern ini. (Sumber : New Step 1, 1996:3-
20)
Gambar 6. Timing Gear

Tidak ada komentar:

Posting Komentar