Jumat, 11 Maret 2011

water as fuel

Water as Fuel?

Oleh: Jayan Sentanuhady
Bahan bakar (fuel) umumnya dari bahan-2 hidrokarbon seperti metan, propan, heptan, batu bara, arang, dll. Bahan bakar tersebut tersusun dari unsur carbon dan hydrogen. Tetapi hidrogen saja juga bisa dijadikan bahan bakar layaknya bahan bakar hidrokarbon. Jika bahan bakar hidrokarbon umumnya didapat dari bahan bakar fosil, bahan bakar hidrogen umunya didapat dengan cara elektoslisis dari berbagai sumber. Salah satu sumbernya tentu adalah air yang gratis dan murah didapat (kecuali air AQUA). Tetapi walau hidrogen diproses dari air, air (H2O dalam bentuk cair) tidak bisa disebut sebagai bahan bakar. Dengan melakukan proses elektrolisis, H2O tersebut dapat diubah menjadi gas hidrogen. Hidrogen inilah yang digunakan sebagai bahan bakar, jadi bahan bakarnya bukan air. Pada umumnya elektrolisis dengan menggunakan teknik pemberian electric pulse ke air. (tentang elektrolis akan di bahas tersendiri, krn chain branchingnya ruwet…)
Jika perekasinya (oksidizer) udara (0.21 O2 + 0.79 N2), hasil akhir proses reaksinya adalah H2O (dalam bentuk uap) dan N2 (tidak bereaksi, tetapi berfungsi sebagai diluent atau penghambat reaksi). Seperti hidrogen-2 yang lain, hasil pembakarannya juga sama reaktifnya.

Sebenarnya teknik ini bukan hal yang baru, bukan penemuan yang baru. Sudah puluhan tahun cara ini ditemukan bahkan sebelum Dr. William Rhodes, orang pertama yang membuat dokumentasi tentang proses elektrolisis ini sekitar tahun 1960. Tetapi walaupun Dr. William Rhodes adalah orang pertama yang membuat dokumentasi, Prof. Yull Brown adalah orang yang secara serius mempopulerkan metoda elektrolisis ini. Sehingga banyak orang lebih mengenal Yull Brown daripada William Rhodes itu sendiri. Sehingga istilah menggunakan air sebagai sumber bahan bakar dalam proses pembakaran sering disebut Brown’s Gas. Walaupun begitu, banyak para pakar kimia (yang brtanggung jawab terhadap proses elektrolisis), meragukan akan effisiensi proses ini. Salah satu pakar kimia dari jepang meberikan komentarnya tentang Brown’s gas ini sbg: “proses itu (elektrolisis) akan lebih besar pasak dari pada tiangnya” artinya dengan teknologi saat ini, proses tersebut tidak visible sama sekali.
Energy vs Ekonomi
Banyak sekali bahan bakar di alam ini yang bisa digunakan sebagai bahan bakar, tetapi tidak water-flame-fantasy01.jpgsemua memiliki nilai ekonomi yang seimbang jika digunakan untuk kebutuhan sehari-2. Mudahnya saja, hidrogen sudah diketahui sebagai bahan bakar yang effektif ratusan tahun yang lalu. Dan banyak dari mereka memahami proses elektrolisis ini untuk mendapatkan hydrogen, tetapi sampai saat ini hidrogen masih tidak digunakan sebagai sumber energi kecuali dalam tahap uji coba. “Ekonomis” adalah alasan salah satu alasannya. Dengan teknologi yang ada saaat ini, proses elektrolisis masih terlalu mahal dibandingkan dengan energi yang didapatkan. Teknologi elektrolisis yang dinunakan saat ini masih terlalu banyak mengkonsumsi listrik untuk mengenerate electric pulse. Dengan kata lain, antara energi yang dikonsumsi untuk proses elektrolisis dengan energi kimia yang dihasilkan masih belum balance secara ekonomis. Tetapi tidak menutup kemungkinan, bahwa proses elektrolisis yang lebih effisien akan ada dikemudian hari. Dan pada akhirnya kita akan naik mobil dengan bahan bakar air bekas mandi.
Safety
Alasan yang kedua, adalah tingkat keselamatan dan keamanan. Untuk digunakan dalam skala penggunakan umum, proses pembakaran, handling, penyimpanan harus dalam konsisi “aman”. Sekitar 10 tahun yang lalu proses handling masih merupakan problem utama jika hydrogen digunakan untuk umum. Karena potensi terjadinya kecelakaan detonasi sangat besar jika menggunakan bahan bakar hidrogen, karena hidrogen memiliki sifat yang sangat reaktif selama proses reaksi kimia/pembakaran. Tetapi akhir-2 ini masalah keamanan penggunakan hydrogen sudah mulai dapat dicairkan.
Remarks:
1. Bukan teknologi baru
2. Production cost vs energy belum balance secara ekonomis
3. Handling rumit, butuh penanganan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar