Jumat, 11 Maret 2011

tipe OHV

Tipe Over Head Valve (OHV)
Disebut juga sistem katup kepala, jenis ini pemasangan kedua
katupnya terdapat pada cylinder head. Sedangkan camshaft ditempatkan pada
cylinder block. Pada tipe ini untuk menggerakan katup tersebut, dibutuhkan
beberapa alat bantu seperti valve lifter, push rod, rocker arm dan lain-lain.
Untuk tipe OHV penghubung antara crankshaft dengan camshaft
menggunakan model timing gear maupun timing chain.
Gambar 4. tipe OHV
(Sumber : Suzuki Manual Training 2003)
2. Tipe Over Head Camshaft (OHC)
Poros nok dimana letaknya berada pada kepala silinder. Ada dua
jenis tipe poros nok yang letaknya berada pada kepala silinder yaitu Single
Over Head Camsafht [SOHC] /satu poros nok dan Double Over Head
Camsafht [DOHC] / dua poros nok. Pada model ini diperlukan perangkat yang
lebih sederhana dari pada model OHV dimana poros nok langsung ke rocker
arm lalu ke katup atau bahkan ada yang langsung dari poros nok lalu
menggerakan katup tanpa pelatuk (memakai adjusting shim). Pada model ini
tidak banyak memerlukan alat bantu sehingga cocok untuk putaran poros nok
14
lebih tinggi serta menjamin ketepatan pembukaan dan penutupan katup. Untuk
tipe OHC penghubung antara crankshaft dengan camshaft bisa menggunakan
model timing chain maupun timing belt. Tipe DOHC modelnya kebanyakan
menggunakan timing belt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar